5.4.10

TIPS MENGATASI SCABIES PADA KUCING

Kucing piaraan Anda perlu dijaga agar tidak terjangkit penyakit Scabiesis. Scabiesis merupakan penyakit kulit yang disebabkan oleh tungau (sejenis kutu) scabies. Sebenarnya penyakit ini tidak hanya menyerang kucing, tapi juga anjing, kelinci dan bisa juga manusia.

Tungau scabies ini berukuran sangat kecil (0.2-0.4 mm), hanya bisa dilihat dengan mikroskop atau kaca pembesar.

Kucing yang terkena penyakit ini biasanya diawali dengan rontoknya bulu disekitar telinga kucing. Terdapat kerak berwarna putih disekitar daun telinga. Rasa gatal yang timbul menyebabkan kucing sering menggaruk-garuk. Penyakit bisa cepat menyebar ke daerah sekitar wajah, leher, hidung dan kelopak mata.



Bagaimana mengatasi penyakit ini?

Bila kucing Anda sudah terlanjur terjangkit penyakit ini, harus dilakukan pengobatan. Pengobatan klasik adalah dengan menggunakan belerang (sulfur). Pergunakan satu sendok belerang (sulfur) ke dalam bak mandi kucing. Atau menggunakan sabun atau shampoo yang mengandung belerang (sulfur). Bilas dan rendam tubuh kucing yang sakit selama 10 – 15 menit. Ulangi cara ini 2 – 3 kali dengan interval waktu satu minggu sampai sembuh. Biasanya setelah 6 – 8 kali dimandikan dengan cara seperti diatas, kucing Anda akan sembuh dan sehat kembali.

Pengobatan lain adalah dengan memberikan suntikan anti scabiesis. Obat yang disuntikkan adalah obat golongan avermectin, seperti ivermectin, doramectin atau selamectin. Penyuntikan dilakukan dua kali dengan selang waktu dua minggu. Penyuntikkan ini harus juga dilakukan pada kucing lainnya apabila terdapat beberapa ekor kucing dalam rumah. Meskipun kucing yang lain tidak terkena penyakit. Apabila kucing yang lain tidak diberi suntikan, ada kemungkinan terjadi infeksi ulang dari kucing yang lain yang tidak diobati, yang menyebabkan penyembuhan menjadi tidak pernah tuntas.

Upaya Pencegahan

Kucing rumahan biasanya jarang terkena penyakit scabiesis ini. Dengan perawatan yang baik dan kebersihan kucing serta tempat dan peralatan yang dipergunakannya terjaga kebersihannya akan meninimalisir kucing terjangkit penyakit ini. Sehingga sejauh mungkin kucing rumah Anda diupayakan tidak berhubungan dengan kucing liar terlebih lagi kucing yang telah terjangkit penyakit.

Jika terpaksa Anda harus menitipkan kucing piaraan Anda ke tempat penitipan hewan, carilah tempat penitipan hewan yang mempunyai sanitasi atau kebersihan yang terjaga.

Kategori : Tips Hewan Piaraan

0 komentar:

Posting Komentar

 

My Blog List

Site Info

Followers

ZONA TIPS Copyright © 2009 Blogger Template Designed by Bie Blogger Template